Abis lulus sekolah, mau langsung kerja?

Assalamualaikum… Apa kabar? Mantan sehat? Alhamdulillah

Well, abis lulus SMA atau SMK yang selalu kepikiran sama kita-kita (apalagi anak smk) soal kedepannya mau gimana? dan pilihannya ada 2: mau lanjut KULIAH apa KERJA? atau nikah (karna bocor). Well ada 3 pilihan ternyata, dan elu bener-bener harus pertimbangin lah ketiga hal ini.

Dan sebenernya yah, yang gua alamin sendiri tuh, sebenernya harapan atau mimpi elu kedepan itu engga bakal semulus (paha jkt, engga deng paha ayam sabana) sama kaya yang elu pikirin gitu. Gua kelar smk, gua pengen kerja aja, ga kepikiran sama yang namanya kuliah SAMA SEKALI. Serius, kaya apa yah kuliah ngapainsih? yaelah bosen kali belajar terus. But, mamam tuh sekarang. Dan yang gua pikirin, kuliah 4 tahun udah berapa puluh juta tuh buat bayar spp nya? nah kalo kerja 4 tahun kita udah bisa beli (ps4) atau nyicil rumah, asik.

Waktu itu yah sekitar 2014an lah, gua emang kelar smk pengen kerja kan, jadi sempet beberapa kali mondar-mandir interview (gajelas). Gua nyari di olx tuh banyak batdah lowongan2, tapi yaa gitu setelah gua tau ternyata banyak penipunya anjer. Kaya gua sempet laib uang gocap, ya gua saat itu iya iya aja ngasih uang itu abis ngomongnya kaya yg bener sih dan gua kan masih lugu banget, yah buat pengalaman aja dah. Dan yang goblognya lagi ternyata temen gua si Lukman sama Ardy pernah kena tipu juga, cerita nya sama dari olx juga dan kemungkinan itu di tempat yang sama gua ditipu wkwkwkwk gua ngakak ga kelar2 pas dia cerita, “lah goblok gua juga kena tipu disana, anjir bukan gua doang yg ditipu ternyata” tapi gua ga cerita gua juga kena tipu wkwkwk.

Dari kejadian itu gua masih belom kapok, ada interview lagi di pancoran, di kantor Transpisyen, jadi sales parabola gitu. Disitu gua udah sampe dari jam 8, dan ngehe nya itu yang bos nya baru dating jam 12, kan taeks. Untung ada tv lcd gede2 nayangin bola. Disitu gua ketemu sama si siapalah namanya, doi lulusan S1 ekonomi UKI, tapi ijazah s1 nya ga kepake anjay parahbat, dia rada kemayu dan banyak ngomong gitu gua mah iya iya aja ngehe, mana mulutnya bau ketek naga, gua nahan napas selama dia ngomong. 2 jaman gua nahan napas, kaya mau ampir mati asli, sampe akhirnya gua diselametin, jadi ada yg ngelamar juga ya sebelas duabelas sama si bau ini, ngelambay2 gitu. Scenario nya gua ke toilet, agak lama lah gua maen hp dulu, baru pas keluar ternyata bener aja, si bau udah ngobrol sama si lambay hahaha selamet gua Ya Allah.

Jam 12 bos nya baru sampe dan u tau interviewnya ngapain? Bayangan gua ya paling satu-satu gitu masuk, eh ternyata semuanya yg ngelamar masuk ke ruangan disuruh perkenalan diri dan nyanyi. Tai. Kalo ga salah gua nyayi pada hari minggu ku turut ayah ke kota deh. Bodoamat dah gua laper anjir pengen makan. Tapi akhirnya gua gajadi kerja disitu, sebenernya udah diterima sih, semuanya yang dati nyanyi juga diterima, cuma pas gua dikasih tau kerjaannya, gua gajadi, selaen tempatnya jauh, dan ada targetnya juga, ya namanya juga sales gitu jadi seminggu harus dapet 10 pelanggan, wehw.

Eh eh eh, gua baru inget ternyata yang gua interview di transpisyen itu siangnya gua juga ada interview di tempat yang nipu gua diatas wkwkwk jadi gua dari pancoran kesana dikit jalan kaki ke manggarai, siang-siang terik, perut laper. Rencananya kelar interview disitu gua mau makan siang dulu gitu dimana, eh ternyata uang gua gocap gocap nya laib wkwkwkk ngenes yak.

Akhirnya gua balik kan, naek metro mini gitu karna dijalan situ engga ada busway, sampe di terminal busway manggarai. Dan gua masih inget waktu itu ada anak cewe masih sd ya umur2 9 tahunan lah, ngamen bener2 ngamen di depan gua, terus akhirnya kan dia minta duit tuh, terus kata elu gua bilang apa dah? “yah ga ada duit gua de belom kerja nih, tadi abis interview, doa in yah supaya lolos, nanti kalo udah kerja gua kasih duit 50rb deh” gua bercanda sebenernya, tapi dia bilang apa dah “bener yah om? Kalo udah kerja kasih 50rb” anjir denger jawabannya gua gimana gitu, “iyaa iyaa” kata gua, terus dia cabut. What aw…..

Terus beberapa hari kemudian gua dapet interview lagi di daerah kota, sebenernya agak jauh kesana lagi sih, cukup jauh juga gua ngehe jalan itu ada kali sejam kurang. Sampe disana ya lumayan rame juga, dan ternyata kantor abal-abal. Dijanjiinnya gaji nya gede men, tapi baru interview pertama udah minta duit wkwkwk, and u know how much? 200rb, katanya buat biaya administrasi dan tes “pala luh bonyok” dalem hati gua, udah ketawa ketawa aja ini mah nipu ngehe, yaudah akhirnya gua spik mau ngambil duit di atm dulu, padahal mah cabut gua. Di luarnya ada 3 orang pemuda (goblog) gitu doi percaya ternyata dan bayar, hadoh ko masih ada aja yg percaya ya, ya gua karna belajar dari pengalaman pertama juga sih, Cuma ga masuk akal aja gitu 200rb men, dan mana ada sih perusahaan yang emang kalo beneran butuh pegawai malah minta duit? Kita kan mau kerja mau nyari duit bukan mau ngeluarin duit lagi, gitu aja dah logikanya. Cuma pas di jalan balik gua kepikiran ajasih, gimana gitu misalkan ada yang ngelamar juga dari jauh, sampe disana ditipu, ya Allah bener-bener dah.

Akhirnya abis kejadian itu gua udah males banget nyari2 kerja lagi, fix lah gua mau kuliah aja! Terus gua ngeliat2 info kantor2 yang nipu soal lowongan, dan sebagian banyak yang ada di olx nipu semua anjir wkwkwk termasuk yang di kota itu.

Sampe akhirnya beberapa bulan setelah gua nyari2 kerja, gua ditelpon unggul, “yog  mau kerja ga luh?”

Jadi waktu itu gua jadi CS (customer serpis) kantor shippingan gitu loh kaya pengiriman barang tapi via laut. Nah gua kan dibawa masuk kerja disitu sama temen sekelas smk gua, si unggul.

Nah yang jadi sedikit (padahal engga) masalahnya itu, ini perusahaan batak gitu, jadi emang pendirinya dan semua ketua ketuanya itu emang orang batak, bukan rasis ya.

Hari pertama gua kerja, yaa biasa ajalah masih pengenalan gitu. Step-step kerjaannya  itu banyak juga ternyata, dan jujur sampe sekarang pun gua engga tau dan gapernah tau cara kerjanya tuh gimana wkwkwk

Lah u bayangin aja, jaman awal temen gua kerja disitu tuh doi di tanganin di mentorin sama 3 orang, nah otomatis 3 orang buat ngurus kerjaan sama ngajarin 1 orang kan yaa bisa lah. Dan ini gua, apa kata u coba, gua pas masuk disana yang handle ini kerjaan cuma ada 2, satunya temen gua, satunya si bloon restu. Kenapa bloon? Asli yah ini anak, repot, rempong, kalo kerja gajelas dah banyak ngeluh. And u know what? Si restu ini ternyata awalnya mentornya si unggul temen gua, dan pas gua masuk sana si unggul malah jadi atasannya dia, make sense kan?

Awal gua dapet kerjaan ya seneng juga lah, apalagi Cuma jadi CS (customer service). Eh pas gua ngejalanin sendiri, ternyata lebih dari CS, bayangan gua tuh cs kaya cuma ngangkat telepon, ngerespon apalah dan apalah pokoknya santai lah, eh pas gua jalanin, ko gini banget yah?

Jadi kalo ga salah gua masih inget tuh kerjaannya, kaya nerima kaya orderan lah istilahnya, orderan barang yang mau dikirim ke luar negri jalur laut. Nah kita bagian input semua data-datanya disana disini (ada banyak tempat yang harus di masukin itu data) dan harus match. Yakan itu ukurannya ada berapa kilo berapa banyak gardus, dan kita harus nyiapin lagi pengirimannya, kita daftarin itu data ke kapal, kapalnya ada 3 line, dan setiap line ini beda beda juga inputannya. Pokoknya gitulah, ingetnya aja gumoh gua L

Oke ini masih belom bagian ngehenya. Jadi selain kerjannya yang kaya eeq ini, ternyata bos gua (tante2) ini killernya luar biasa. Mungkin kalo elu sekolah pernah punya guru killer itu latihan buat entar elu kerja dapet bos yang killer. Kenapa killer? Oh man, kantor kalo ada dia tuh bawannya gerah aja sumpah ya, gapernah gitu sehari aja ga ngebacut, dan kadang omongannya itu nyesegin.

Kaya pernah satu kejadian, gua ngeliatin temen gua input2 data gajelas. Terus si bu tiur, oh iya namanya tiur. Doi ngeliat gua kan, dan apa dia ngomong “yogi, kamu kerja dong jangan diem aja, kamu disini saya bayar buat kerja bukan buat bengong, gimanasih” anjir pengen nangis gua dalem hati “Ya Allah nyari duit ko susah banget ya”. Jadi tuh kalo di kantor terus dia ga masuk itu kaya bagaikan di surga asli. Tenang, damai, harmony. Beda kalo dia ada, emh bawannya pengen pulang aja asli.

Lagian gua juga kan belom tau banyak lah, gimana dah temen gua sendirian ngurusin kerjaan yang banyaknya kaya ketombe dan doi juga harus ngajarin gua?

Oh iya sebenernya gua belom resmi sih kerja disitu, jadi 1 bulan itu kaya masih pelatihan dulu dan 3 minggu gua kerja ada interview gitu di kantor pusatnya, yang interview langsung raja terakhirnya. Kantornya di manggarai, gua naek busway kesana. Gua kepikiran 2 hal  disini, engga deng 1. Akhirnya gua ngasal interview biar kaga diperpanjang. Kenapa? Nah baru disini ada 2 hal, satu, kalo ngundurin diri pas masih dalam kontrak kerja gua ga enak sama si unggulnya karna besok2 takutnya kalo dia bawa orang lagi gaboleh. Yang kedua, kerja disitu kalo udah kontrak harus nyerahin ijazah yang asli. Jadi perjanjiannya tuh kontrak kerja 6 bulan, nah kalo sebelom 6 bulan kita keluar ijazah kita ditahan sampe kita bayar sebulan gaji kita, insane ya. Karena emang disitu tuh orang kerja banyakan engga lama pada keluar, ga lama keluar, ya gitu engga ada yang betah.

Hari terakhir gua kerja, si unggul lagi ga masuk, cabut sama chiwaynya ke jogja, kan ngehe. Gua masih ga bisa apa-apa ditinggal sendiri ngurus kerjaan, beberapa bisa sih gua handle (iya gasih? Gua lupa dah tapi kayanya iya deng gua yang ngerjain beberapa kalo ga salah). Seperti biasa kalo kelar sholat ashar gua ngabisin waktu lama-lamain di rooftop. Tenang banget asli seharian di dalem itu kaya berabad-abad ga kelar-kelar. Gua masih inget banget itu gua turun balik ke kantor nge-cek email-email, dan terus gua dipanggil ke ruangan bu tiur. Dalam hati gua udah ngerasa sih, akhirnya yaa bener aja, gua di “berhentikan” bahasa alusnya di pecat, ditempat kerja pertama gua. Perasaannya tuh campur aduk, kaya yaa gua udah cukup akrab sama yang laen, gua butuh duit (buat beli ps4) buat nambah-nambahin kuliah ntar.

And you know what? Gua sempet berkaca-kaca gitu pas dibilang “ini hari terakhir kamu kerja yah yogi bla bla bla”, abis itu dikasih amplop:* Terus pas terakhir gua nge beresin tas gua kaya ngeliat yang laen pada ngeliaatin gua gitu, yang laen kan pada rapat tuh, terus gua spik2 aga lama-lama gitu ngeberesin tasnya, terus pas gua jalan yang laen pada ngeliatin gua anjir, gua senyumin aja dah terus cabut, sampe ga sempet pamit.

Pas di jalan pulang, kan gua naek motor, tempat kator sama rumah juga yah lumayan, setengah jaman lah, gua mampir dulu ke tempat buah-buahan buat beliin mbah gua. Di jalan pulang serasa bebas banget asli, bagaikan kupu-kupu yang berhasil terbebas dari belenggu jaring laba-laba wkwkwkwk

Yaa begitulah dunia kerja (?) mungkin engga semuanya, pasti adalah kantor yang asik yang nyaman gitu buat kerja, dan gua dari situ kepikiran buat bikin kantor gua sendiri, mantap yah berkhayal tanpa batas hahahaha

Alhamdulillah sekarang gua udah pengen masuk ke semester 4, and i thinks this is the best way lah setelah kejadian kejadian itu. Ya percaya ajalah sama jalan yang dikasih Allah pasti itu jalan yang terbaik buat u, jadi ya yoweslahh terima dan jalanin aja.

Leave a Reply

