Katanya sih naek gunung tampomas

Assalamualaikum… Apa kabar brot?

Lagi gabut aja nih jadi iseng lah nulis cerita lama, iseng naek Gunung Tampomas di Sumedang. Udah lama kaga nulis-nulis lagi kek gini semenjak laptop item gua kecemplung bak mandi, you know what nyeseknya tuh sampe ke ubun2. Alhamdulillah sekarang udah ada lagi, ya niatnya buat ngerjain tugas2 ngampus aja, salah beli anjir nanggung banget speknya gabisa buat nge game ngehe, tapi yaudalah namanya juga namanya, cuma keren warna nya gua demen. Jaman smp gua punya laptop tuh yang masih make modem gitu kartunya tri kuota cuma 1GB 50rb wkwk skrg 50rb udah dapet 10GB 4G Simpati. Yah jaman telah banyak berubah, dari yang sedekat nadi sampai sejauh matahari, dari yang ketemu tiap hari sampe udah bertahun-tahun ga ketemu, dari yang nge chat 5 detik dibales sampe chat cuma di read doang, ngehe ya wkwkwkwk.
Waktu itu sekitar awal bulan Agustus 2016, masih libur kuliah yaa beberapa minggu lagi masuk sih. Jadi awalnya sih sempet engga banget gitu deh naek gunung, alasannya karena “mainstream” . Entahlah mungkin gua sering ngeliat orang-orang posting gitu dengan fansign-fansign “ada salam dari gunung, kapan nanjak bareng?” apaan dah norak banget elah, mungkin gitu yang awal kepikiran soal naek gunung.

Gua berangkat dari Jakarta, priok, terus ketemuan sama yang laen dari bekasi, jadi total gua berenam 3 motor. Disitu ada satu temen gua emang yang udah yaa naek turunn gunung gitu lah, namanya iwan. Awalnya udah beberapa kali ketemu, suka main futsal bareng, kan doi satu tempat gawean juga sama temen gua yang namanya rizka, jadi bisa dibilang yaa temen temennya gua gitu deh haha. Nah, si rizka ini sodara gua sebenernya jadi temen sodara gua berarti si iwan ini, apaan dah wkwk, skip dah. Pokoknya ka nada 6 orang tuh termasuk gua, ada sodara gua 3, ya itu si Rizka, Eko, Lukman, sama temen gaweannya Rizka, si Iwan sama Raup. Jadi singkat cerita si Rizka ini lagi cuti kuliah gegara operasi gitu, jadi kelar itu doi gawe di jakarata 2 bulanan lah doi tinggal di rumah gua, dan akhirnya kerjaannya kelar doi balik lg ke sumedang bareng kita-kita ini sekalian mau naek gunung, dah gitu. Hahaha

Oke jadi gua mau nyeritai soal perjalanan ke sumedangnya apa langsung naek gunung nya nih? Langsung aja ya biar cepet, btw enakan yang cepet apa yang lama dah? Gua kecepetan, asli kadang gua suka khawatir sama “kecepetan” ini takut cewe-cewe pada ga suka (?) wkkwkwk ngehe ya, maksudnya kecepetan pertahanin hubungan gitu, gua soalnya bosenan gitu deh klo pacaran, clear yak? Ahaha

Tuhkan udah keluar… Mataharinya hahaha jadi pas gua otw ke sumedang sempet ujan di jalan sampe neduh dulu di alpamaret. Setengah jam neduh kita lanjut lagi, sepanjang jalan lumayan terik juga ya kerrawang. Jalurnya tuh dari bekasi, cikarang, kerawang, cikampek lewat motong jalan apatuh namanya lupa jadi langsung ke purwakarta, subang akhirnya sumedang. Total di jalan kurang lebih 8 jam (dari Priok) plus nunggu si iwan ketinggalan apaan tau, nunggu ujan reda, sama istirahat ashar di Setu Wanayasa Purwakarta.

You know what? Everytime gua kalo pengen sumedang sama keluarga gua, always berenti disini istirahat, seperti keharusan gitu dah. Selain emang capek (?) tempat nya tuh ajib bat dah buat santai ngupi ngupi. Oh iya sama ada mushola gitu di depannya yang wc nya dibawah ada tempat whudunya di bagi 2 itu loh, itu tuh udah kaya rumah sendiri asli, soalnya emang setiap ke sumedang ya pasti pada ngasonya disitu jadi bener2 like home banget deh kalo udah ngeliat itu mushola inget keluarga ngumpul hahaha.

Istirahat di setu wanayasa, jam 3 kurang lah, kita sholat dzhuhur dulu sekalian nunggu ashar. Kelar ashar baru photo2 di setu wanayasa, and  know what? Gapernah bosen photo disitu hahahaha view nya itu loh. Dan gua selalu punya niat untuk punya rumah di deket daerah situ, setelah dari situ gitu kaya ada perasaan “eh enak kali ya kalo punya rumah deket sini, kalo gabut, mumet ke setu wanayasa sambil santai ngupi-ngupi” letaknya juga alrite lah, ga begitu jauh dari Jakarta, bandung, sumedang, alrite banget lah, doa in supaya beneran yak hahaha.

image_e6a6765

Ngaso di Setu Wanayasa

image_3646ad2

dari kiri, lukman, eko, ozil, rizka

image_2e91747

Jalanan Purwakarta yang ajib ngencrot sejuknya

Oek, maksudnya oke, lanjut dari situ jalan lagi. Nah dari keluar Purwakarta mau masuk subang perbatesan sumedang itu jalannya alrite banget dah. Belokannya tajem-tajem dan beberapa nanjaknya lumayan tinggi dan turunannya juga. Jadi kalo elu engga pro, khususnya emak-emak yang naek naek motor mau belok ke kanan tapi sen ke kiri, jangan pernah coba-coba naek motor disini dah, salah belom masuk jurang mak, hahahaha. Singkat cerita dulu waktu sekeluarga liburan lebaran kesana, sempet ada eksiden gitu, jadi gua naek motor bertiga sama om gua dan istrinya kan, motor matic gua di depan karna gua masih kecil waktu itu (luarnya doang kecil, dalemnyaaa. Semangatnya). Jadi sempet nabrak gitu, karna jalanan belokan kan, nah pas di depan belokan ke kiri ternyata ada turunan, dan di depannya ada truck jalan lambat gitu, yaudah crush. Waktu itu kita ada tiga motor sama 1 mobil, nah motor yang bawa gua ini nabrak motor om gua di depan, karna kaget kan turunan ada truck, dan udah ga sempet nge rem lagi, yaudah brak nabrak. Gua gapapa sebenernya, gua spik aja pingsan (biar naek dimobil) wkwkw. Waktu itu masih ngeri anjir naek motor di jalan neraka itu wkkwk. Lanjut, akhirnya gua di gendong (gatau siapa yang gendong) akhirnya gua naek di mobil tuh, di dalem mobil gua masih spik pingsan kan, beberapa pada nangis anjir wkwkwkk parah ya gua, akhirnya pas dkasih minyak kayu putih, gua terbangun polos “AKU DIMANAAAA?”.

Akhirnya setelah kejadian itu sodara-sodara gua menjadi lebih perhatiann sama gua. “nih yogi minum teh, nih lemper sama bakwan, yogi mau ngeroko? nih ada kretek ” wkwkkwk.

Sampe dimana tadi dah, oh iya jalur subang ke sumedang yak, yaa kurang lebih setelah elu lewatin pertigaan patung nanas di subang, yaa sekitar enak setengah jaman lah sampe di sumedang (kalo jalan kaki). Yahh satu setengah jam sampe lah, jalan santai aja. But u know what, elu kalo lewat sama waktu gelap malem itu lebih alrite asli. Jadi gua pernah waktu itu lewat di jalan situ jam 11 malem gitu deh, sepi nya khan maend. Gila ya jam 8 aja udah gada siapa2 gimana jam 11 yakan. Jadi pas waktu itu gua di bonceng, gila men, elu ngeliat ke belakang itu udah bener2 kegelapan gulita di malam hari anjir. Kaga ngeliat apa-apa, gila sesekali gua ngeliat ke belakang sambil ngebayangin ada yg ngikutin gitu, kaga anjir boong gua. Mana berani ngehe ditengah jalanan hutan gitu L Mana udah dinginnya menusuk tulang gitu, dan bener2 ngarepin lampu depan jadi itu satu-satunya penerangan kehidupan anjir, salah belok jurang ngehee wkkwk.

Image_ade5f0a.jpg

Kebun teh di subang

Oke sampe mana lagi tadi? oh iya

Sampe disumedang jam 7 an kalo ga salah langsung ngaso ngopi-ngopi chitchat lah, waktu itu gua masih belom begitu akrab sama iwan sama raup. Emang gua engga gampang akrab sih orangnya jadi ya ngomongin yang santai2 ajalah, kaya “enak janda apa gadis?” engga ini serius, si raup ini janda lopers anjir, sisa hidupnya di dedikasiin buat janda. Jadi singkat cerita waktu dia lagi pengen bunuh diri (makan telor kecoa) doi diselametin janda gitu akhirnya selamet dan bisa bangkit lagi gitu. Jadi dia udah nelen beberapa teelor kecoa, udah sempet ga sadarkan diri juga setengah tahun, sampe akhirnya keluarganya manggil janda buat nyembuhin doi, eh sembuh gatau diapain, pokoknya kata keluarganya itu celana raup kelar di obatin janda jadi basah kuyup. (kalo kata gua sih itu telor kecua nya di isep sama janda itu dari anu nya terus keluar kan telor kecoanya, sama telor dianya juga, engga itumah engga, makanya bukan cuma telornya kecoa doang yang keluar, yang laen juga keluar, gitu kata gua mah, jangan bilang2 anaknya udah u diem2 aja). Akhirnya buat ngebales budi si janda tadi si raup kudu ngasih kecoa terbang albino. Hmm kurang yak? Oke lanjut.

Image_0c5c70f.jpg

Ngumpul sambil ngopi (NGUPI) intinya kalo ngumpul gini tanpa kopi sama aja kaya berak engga kentut (?)

Lanjutannya di Part kedua yak wkwkwk mentoq ngehe ahaha

Leave a Reply

