Perjuangan yang Penuh Dengan Perjuangan (Pangrango 3019mdpl)

Assalamualaikum, sehat bang?
Sedikit mau cerita nih, petualangan kemarin di Gunung Gede Pangrango.

Naek gunung? Mungkin bagi sebagian orang kegiatan naek gunung gini gampang bener dilakuin. Tapi buat gua, buat bisa naek gunung itu asli butuh perjuangan benerrr.

Ada beberapa hal sih yang bikin kenapa buat gua susah banget buat naek gunung, antara lain:

-Waktu, netapin waktu yang pas antara gua dan yang laen.
Susah, asli, yang kuliah dan kerja kan liburnya ga sama, dan antara kerjaan di tempat ini sama yang laen juga kan beda-beda, ya ujung-ujungnya kudu ada yang ngalah, yang kuliah bolos atau yang kerja yang bolos (Seringnya si yang kuliah ngalah).

-Uang, jangan di tanya. Kalo udah masalah uang lg bokek, mau gimana juga susaaah.

-Perizinan, ini juga jadi masalah serius, apalagi punya orang tua yang khawatiran.

Mungkin salah satu kewajiban dari naek gunung ya restu dari orang tua, ya percaya ga percaya sih kalo kita naek gunung kaga izin atau kaga di izinin orang tua pasti ada aja deh yang terjadi disana, iya gasih? Katanya sih gitu, cuma ya gua jangan sampe sih, amit2 dah, makanya gua klo ga di izinin ya fix gabakalan naek dan gak maksain.

Nah, kemaren ketika gua udah bener-bener h-1 ke pangrango, mama gua tetiba gak ngizinin gua buat naek gunung. Gimana yah, sebenernya campur aduk sih, lu bayangin aja h-1, ketika segala ayang2 (atau angan2 sih bahasanya?) udah ngumpul jadi satu di otak dan sanubari gitu loh, ngebayangin indahnya perjalanan gitulah melepas rindu melupakan rutinitas, tiba-tiba buyar dengan satu kalimat “udah mas kamu gajadi ajadeh naek gunungnya dulu, musim ujan”.

Gimana yaah, ya gua paham sih gitu gimana ke-gundahan hati mama gua, ga ngizinin karna sayang sama gua khawatir takut kenapa-kenapa, tapi yah tetep aja pasti kita sebagai anak gitu engga se gitu aja nerima yakan. Singkatnya ya mama gua mimpi apalah soal gua pergi pergi aja kaga izin terus doi nangis. Ya mungkin kedengerannya lebay sih, Cuma ya gua paham gua ngerti situasinya gitu, ya mungkin wajar lah buat takaran anak semata wayang pasti ada aja hal yang macem gini “over worried”.

Kaya yang gua bilang, akhirnya gua diem dulu beberapa saat abis itu, gua mulai jelasin ngomong pelan2 minta izin (sedikit nangis), iya gua nangis. Asli dah kaya apa yah, kaya otak ini udah sumpek banget rasanya tuh satu-satuny obat ya naek gunung, makanya gua sedikit “maksain” biar di izinin terus cabut.

Disitu ya gua jelasin, “ma kejadian yang engga engga tuh bisa kapan aja terjadi, mama bayangin ajadah tiap hari yogi ngampus naek motor sampingan sama kontener emang ga bahaya? Kaya terlalu ga masuk akal aja gitu kalo sekarang yogi mau naek gunung mama ga ngizinin karna khawatir, ya yogi ngerti, Cuma mama selama ini pernah ga ngelarang yogi waktu mau ngampus disaat ujan deres? Padahal lebih bahayaan itu, liat aja korban dijalanan jauh lebih banyak dari gunung”. Ya pokoknya gitu deh, akhirnya dia mulai luluh dan ngizinin, Cuma tetep ada kata “terserah” . Yaudalah gua mulai nyerah disitu, meskipun dizinin tapi terserah mah sama aja terpaksa kan?

Yaudah gua galau disitu, malemnya gua bilang kawan gua gajadi, sorry, next time, ga enak banget asli ngecewain orang laen karna kita tuh, buat gua tuh bener-bener nyiksa sih. Sebenernya planning awal tuh kita ke gede pangrango ini ada 8 orang mungkin yang pen ngikut, tapi akhirnya pada ngebatalin, alasannya ya karna bokek dan izin sih. 2 hal yang gabisa bantu banyak:’)

Senen 10 april. Bangun pagi-pagi perasaan udah mager aja. Yang harusnya balik ngampus sorenya langsung caw, harus kaga jadi, karna gua, yang laen pun jadi gajadi cabut.

Grup kelas ngabarin dosen masuk jam 11, yaudah gua selow. Gua bengong aja gitu dah meskipun hati nyeseg Cuma bersikap sabar ajadaah. Sampe akhirnya kabar baik datang di menit-menit akhir menuju loss time, eyak.

Jadi waktu itu gua lagi pengen mandi, Cuma bengong sebentar depan kamar mandi sambil ngeliat langit dalem hati “ya Allah mataharinya cerah banget”. Akhirnya mama gua ngomong “kamu mau pergi? Yaudah terserah kalo kamu emang maksa mau pergi mah”

Faquy, udah “terserah” “maksa” lagi, akhirnya gua samperin, gua tanya “emang boleh ma?”
“yaudah terserah kalo kamu mau pergi mah, abis ngeliatin kamu tinggal bengong aja dari tadi”
“ya percuma aja ma kalo ngizininnya engga ikhlas mah mending gausah”
“ya abis musim ujan yogiii, kalo musim biasa mah pasti mama izinin, sama bapak juga gaboleh, coba sana samperin bapa, minta izin kalo boleh, mama ngebolehin”
Semangat lah guaa, meskipun bapa gua galaknya khan maend, Cuma kalo masalah ginian mah dia pasti ngerti, karna dia cowo (iya), pernah muda juga dan waktu muda dulu juga demen camping2 digunung.

Semangat lah gua, udah nothing to lose banget dah gua jalan sekalian ngampus mampir ke kerjaan bapa gua dulu, minta izin. Dan Alhamdulillah… 2 menit langsung ngebolehin, ga kaya mama gua yang kudu nangis2 manja dulu hahaha. Bapa gua ini orangnya khawatiran Cuma engga di tunjukin aja.

Yeay seneng bukan maen gua, langsung gua kabarin yang laen “woy ayo tar malem jalan! Gua udah di izinin”. “Alhamdulillah deh kalo udah dizinin mah” sahut bang indra senang wkwkwk.

Skip Skip Skip di kampus sama aja kaya biasa, Cuma mata agak perih (abis nangis maren), kelar matkul agama jam 3 kurang langsung balik, yang biasanya ngaso selo dulu nunggu ashar, ini langsung balikk, ngebut parah dijalan kegirangan minta ampun dah udah ngebayangin macem2 kerinduan di hati, anyir hahaha.

Sampe rumah tenot, mama gua nyuekin gua hahahaha, bodoamat ah udah pandang mundur lagi gua hahaha

Packing-packing, sebelumnya udah gua siapin sih Cuma tinggal masukin doang setengah jam kelar, terus sholat ashar. Kelar sholat mama gua mulai luluh hatinya hahaha ya sedikit nanya2 soal naek gunung, sama siapa aja, balik kapan, ada duit engga, bla bla bla. Seneng gua, hahaha abis itu ngajak gua ke indomaret beli apa cemilan, tapi gua gamau ambil apa2an dah karna ntar kan pete2 lagi sama yang laen, dan gua juga pen ngehemat karna belom bayar uang kas dan bayar jaket pdh.

Kelar itu gua mandi bentar, abis itu pamitan. Udah salim, mama gua minta di cium pipinya, yaudah gua cium, matanya keliatan bener berkaca-kaca, tapi bener-bener udah gabisa berenti “lagi” cabut laah akhirnya gua ke bekasi, kerumahnya si lukman naek motor “RJR: Red Jolly Roger”.

Sue, belom sampe, keujanan, deres bat, akhirnya neduh dulu dah gua di took tutup pinggir jalan, ada kali 2 jaman gua disitu, karna emang deres banget dan gua mager make jas ujan, padahal mah ada di bagasi motor. Dan gua bener-bener ngarepin waktu itu mama gua minta gua balik lagi, karna ujan dan ga ngizinin gua pergi. Ragu parah gua disitu, tiba2 kangen mama gua, pengen balik. Asli home sick parah, padahal barusan mah seneng2 aja cabut. Tapi mama gua nge chat bilang hati2 ujan, berangkat ke bogornya tunggu ujan reda aja, tapi jangan kemaleman. Nyeseg guaaa, ko jadi pengen balik kerumaaah. Ditambah di sela-sela chatan gua sama mama gua, gua ngirim stiker ‘hug’, mama gua bales, “mama juga sayang mas yogi” nyeseg parah gua pengen balik :’(.

Ngehe nya lagi, temen gua si lukman ngabarin, temennya gajadi ikut, dan dia gabisa minjemin tenda sama kompor portebel, “pyaar”. Seketika buyar lagi mimpi gua, ngehe ada aja bangke. Kaya udah ditakdirin ga boleh naek nih gua. Yaudah akhirnya gua suruh dia cari kek kemana nyewa atau pinjem temennya. Gua tanyain bang indra, doi ada tenda lebih ga atau kompor portebel, katanya tenda gada Cuma kompor ada tinggal beli gasnya doang, yaudah tinggal tenda nih.

Akhirnya isya tuh, dan ujannya udah mulai rintik2, gua lanjut lagi sambil nyari masjid deket. Kelar sholat gua pantau terus tendanya ada apa kaga. Udah jam setengah 8 ujan udah reda, dan gua tetep belom jalan karna tenda nya belom pasti, di sisi lain mama gua nanyain terus udah sampe apa belom.

Diantara keresahan malam itu. Pergi atau balik?

Karna gua pikir kalo tenda gada yah mending gausah, mau ngapain coba naek gunung gada tenda? Di sisi lain kalo gua balik kan gua besok ada kuliah, karna kalo gua sampe dirumah sodara gua itu udah malem, dan balik lagi jauh, pasti ujung-ujungnya nginep dan besok kaga ngampus, bolos yang ga berfaedah amat.

Skip skip skip. Akhirnya gua sampe rumah sodara gua, si lukman ini. Si ngehe gada dirumah ternyata, doi lg sibuk nyari tenda atau tau dah. Waktu itu tenda belom fix juga udah dia pinjem kesana kemarin temennya yang anak gunung tetep no good news.

Yaudah gua pasrah ajadaah, “mungkin emang gua ga boleh naek gunung”. Adaaa aja gitu loh, yaudah pasrah. Ada perasaan sedikit seneng juga sih, karna udah lelah bener gua hari itu, ngantuk mata perih macem2 lah.

Waktu itu sekitar jam 9an, ada kabar baik (/ buruk buat gua). Ada tenda. Bisa nyewa tenda disana (cibodas). Jadi waktu itu kita tuh ke pangrango make calo. Iya jadi sebelom gua tau apa2 soal percaloan gunung gede pangrango, pikiran awal gua ya calo ini resmi, eh ternyataa.

Bangun, siap2, ngumpulin niat lagi, akhirnya jalan dah gua naek motor berdua lukman, Alhamdulillah si kaga ujan dijalan, terus bang indra sama bang ilham ketemuan di jalan. Dari rencana awal 8 orang, jadi sisa 4 orang yang berangkat. Niat!

Skip skip skip, sampe dah disana. Ketemu a andri, doi yang punya warung di daerah sana plus penghubung kita dan calo ini. Ngobrol2 dah bla bla bla, dan gua kaget disitu Cuma udah “bodoamat dah udah lelah ini gua”. Ternyata, gua baru tai, kalo make calo ini gada simaksinya, alias ILEGAL. Gila sebenernya mah gua udah ketar ketir aja disitu asli, Cuma gua liat temen2 gua yang laen plus a andrinya yang ngomong dengan sandai sembari menghisap rokoknya, gua mikir “ANYING WOY! Kalo gua kenapa2 gimana?”. Lanjut lagi katanya “yang penting kondisi fit mah gapapa ko, yang penting besok jalannya harus pagi-pagi karna gaboleh ketahuan”. Bodoamat dah ini udah jam 2 dan mata gua makin perih, tidur gua di penginapan warung a andri ini, per malam 1 orang kena biaya 10rb. Yang penting tidur dulu dah besok pagi-pagi kudu naek anyir.

Wakwaw, baru 2 jam tidur udah dibangunin kita sama kang calo, gatau namanya sokap orangnya botak. Woy masih jam 4 ini? Bangun2 udah mayan mata kaga perih lagi Cuma kedinginan gua.
Dan ternyata tenda nya juga belom dapet, dan dia ngegampangin bener, katanya, udah nanti disana bisa tidur aja bareng sama yang lain, PALALUH MELEDAK! akhirnya dia keluar lagi, tau dah nyari dimana, eh gak lama dapet, tapi mahal banget ngehe 75rb! (untuk tenda yang asdfghjl-__-) yaudalah mau gamau yakan, gada pilihan laen juga.

Packing-packing. Cuci muka terus cabut dah kita. Sebelom cabut gua beli nasi bungkus di warung a andri sebungkus goceng gua beli dah 6 bungkus. Si lukman bilang beli 2 aja, akhirnya nasi inilah yang menyelamatkan nyawa kita kelak diatas. Pesan dari calo “jalan aja lurus terus, pokoknya besok kalo mau turun, harus diatas maghrib ya tunggu gelap. Tak lupa gua bbm mama gua “ma yogi udah mau naek nih, alhadulillah ga ujan” tapi ga deliv mungkin belom bangun.

Akhirnya mulai jalan kita ber-empat. Gua, lukman, bang indra dan bang ilham. Gua sama lukman mah udah kenal dari orok, sama  bang indra kenal udah 2 tahun lebih di grup Anime LOH, sama bang ilham baru kali ini, doi temen nya bang indra.

Sampe di deket gapura cibodas, kita disuruh tunggu bentar sama si calo katanya tunggu barengan. Yaudah akhirnya gua sholat shubuh jamaah dulu dah di masjid sama bang indra. Kelar sholat udah mayan rame, ternyata ada barengan (sama-sama nyalo) 4 orang anak2 bocah, yang kelak perjalanan makin alrite banget bareng mereka hahahha.

Jalan deh kita ber-8.

Part 2 nya ntar yak^^

PhotoGrid_1492092156964

Mandalawangi, Gunung Panagrango

Team air anget dan aer dingin

Puncak Gunung Pangrango

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s