PERJUANGAN YANG PENUH DENGAN PERJUANGAN (PANGRANGO 3019mdpl) pt.2

Assalamualaikum..

Lanjut lagi dah ke part 2 nya, mumpung ingatannya masih anget hahhaha

Iya, jadi abis gua sholat shubuh, ternyata di depan gerbang depannya itu udah ditungguin sama yang laennya, plus udah ada pendaki lain, yang saat itu belom tau ada berapa orang jadi awalnya gua pikir hooh yaudah gitu biasa aja, eh ternyata, doi ber empat juga mau naek pake calo, hahaha.

Kata kang calonya “pada berangkat bareng yah, hati-hati”. Hooh yaudah akhirnya bareng dah kita tuh ber-8. Sampe disitu gua juga belom tau kalo ini anak juga pada make calo, ya sampe akhirnya ga lama sambil ngobrol-ngobrol akhirnya tau juga hahaha.

Jadi dari 4 tim bocil ini ada 2 kalo gasalah yang udah pernah naek gunung ini sebelumnya, cuma doi ke gunung gede nya, belum sampe ke pangranago nya.

Karna waktu itu masih pagi bener, kira2 jam 5an jadi kita make senter, ada yang make headlamp juga, tapi tetep aja nyasar. Karna kata calo nya kita suruh lurus terus aja, eh salah ternyata kita masuk area cibodas, wkwk goblog asli. Udah keren-keren yakan, eh di sautin satpam situ “pada mau kemana?” dalem hati kaget juga sih, karna kita mikirnya tuh takut ditanyain simaksi (Surat izin mendaki gitu). Waduh, gimana nih kan kalo ditanyain dan kita gapunya kan pasti gaboleh. Eh ternyata “kalo mau naek gunung lewat sana belom kanan” wkwkwkwkwk, anjaaay gua kira apaaan.

Yaudah tuh kita ngikutin petunjuk pak satpam tadi, akhirnya jalan lagi deh lurus terus, eh ternyata, salah lagi, wkwkkw.

Gatau gajelas itu kita kemana cuma salah masuk, udah sampe ujung nanya lagi sama orang disitu, katanya suruh balik lagi nanti gerbang masuknya di sebelah kiri.

Faquy, mayan dah ada kali 20 menitan bolak balik disitu, akhirnya kita balik dan nemu dah itu gapuranya, tapi ada pagernya. Karna ujung pagernya mayan jauh, akhirnya kita manjat! goblog emang, untung kaga rubuh.

Nah dari situ ga lama lah ada tempat basecamp dibawah gitu. dag dig dug coy, gimanasih yang kudunya tuh jalur pendakian dibuka jam 8an atau 9an kalo gasalah nah ini kita jam segini udah mau naek aja. Liat kanan kiri mayan sepi sih, cuma udah ada beberapa juga orang disitu, kita lewat aja nyelonong boy, kaya mau maling hahaha.

Udah lewatin situ ya tenang dah hati udah, se engganya udah tinggal di atas bae bae dah jan sampe kanapa-kenapa, u know what i mean lah kalo kenapa kenapa kepaw parapaw udah.

Sip, jam setengah 7 sampe di telaga biru, wih keren coy danaunya ternyata biru ke ijo-ijoan, yaiyalah. Terus kan sepanjang jalan situ ada air ngalir gitu, bersih airnya, akhirnya gua ngisi air botol yang udah kosong, terus gua minum, “enak, enak luh adem, nih coba deh” gua nawarin kaga ada yang mau ngehe, gatau kenapa, gua sedih anying kaya mungkin di pikiran mereka “ini orang goblog ya ini kan air kotor”, bodoamat dah orang airnya adem ko, wkwkwk.

20 menitan lah dari situ kita sampe di jembatan gitu deh, gatau nama jembatannya apaan cuma gua pernah ngeliat sebelumnya di gugel, ya bagus sih, cuma ntah kenapa gua disitu kaya kehilangan teman berfoto gitu. lukman, bang indra, bang ilham, kaya bukan cowo2 tipe “bagus dikit photo dulu ah”, ditambah ada 4 bocil jadi agak malu gitu loh, yaudah akhirnya gua mengurungkan niat gua buat photo disitu, padahal mah pengen-__-

Skip skip skip, dijalan gua baru ngeh, pas tadi di motor mampir dulu beli mie sama kopi kaga di bawa. mampus! ternyata mie nya masih di dalem bagasinya motor bang indra, ada mie 6 bungkus jumbo sama kopi 2 renteng. kepaw, dalem hati gua, duh inimah kudu nahan laper dah, mana belom sarapaan.

Yaudalah selow seengganya kita masih ada nasi 6 bungkus, bisa lah di atur sampe buat sarapan besok lagi hahaha, dan kata tim bocil juga udah selow nanti kita camp deketan aja masak bareng, yaudah akhirnya gua disitu jadi agak tenang deh, sambil bedoa sih dalem hati ya Allah muda mudahan cukup kek ini makan buat hari ini sampe besok. asli gua cuma ngeri kelaperan aja besoknya, mie juga pas pasan yakan baawanya hahaha.

skip skip skip, kira kira di sebelum air panas terjun itu, kita misah. Asli ga kuat ngikutin fisik bocil-bocil, kaga enakan juga baru jalan bentar “break dulu bang” wkwkwkk. Masa baru 2 menit jalan, break nya 10 menit ahhahaha.

Akhirnya jalan dah ber empat, agak selow sih ketika kita jalan ber empat, soalnya cape yaudah pasti break duduk dulu, kalo pas sama bocil kan, mana pernah bocil yang nge break, kita2 mulu hahahaha.

Sepanjang jalan tuh gua dzikir loh, asli dah baca bacaan terus ga putus, gua parno banget sama cerita2 gitu deh yang pernah gua baca, pokoknya ya ngejaga ucapan banget dah plus banyak2 dzikir, berdoa deh supaya pulang pergi selamet gada apa-apa, aamiin ya Allah.

Kira-kira jam 12an, kita udah sampe kandang batu, pos 4 kalo ga salah sebelum sampe 1 pos lagi di kandang badak, rencana kita nge camp.
Perasaan saat itu adalah, lelah, ngantuk, laper!

Lu bayangin belom sarapan apa2, cuma minum air doang, kaga bawa cemilan buat di jalan, kepaw! wkwkwkwk. Cuma pas sebelum pisah sama bocil, sempet bocil bagi2 cemilan gitu kek chiki kusuka, madu,coki2, hahaha gembel bener yang tua malah nyusain, oh iya lupa belom nyeritain si bocil2 ini yak.
Jadi bocil2 ini rombongan dari jakarta, pancoran kalibata situ, doi2 ini masih baru pada kelas 2 sma, liburan kan kemaren kelas 3 nya UN. Jadi kita manggil nya bocah (padahal mah pengalaman daki nya malah banyakan mereka sih) hahahaha.

Akhirnya pas gak jauh setelah dari air terjun kita break dulu duduk sambil merem2, nahan laper. Gua bongkar dah, gua inget semalem sempet masak air panas terus bawa di termos, yaudah akhirnya gua buka + nyeduh kopi torabika, yaaah lumayan lah ngeganjel laper dikit dan nahan mata biar mayan melek hahahaha.

Trek sebelum sampe ke kandang badak, “aduh dengkul gua kopong”. Dengan keadaan fisik kita waktu itu tuh terasa banget, di tambah beratnya keril, ada kali lebih dari 20x break mah, maklum lah kebanyakan hahahah.

Kalo di liat-liat sih, tas keril paling berat waktu itu punya bang ilham, lukman terus gua, terakhir bang indra. Di jalan bang indra bang ilham tukeran keril tuh, udah mulai keliatan dah mukanya bang indra itu kaya mau mokat asli hahahha.

Di jalan yah alhamdulillah si mataharinya cukup cerah, berharap sih emang jangan sampe ujan dah ngerih euy.

“Nyampe tenda gua makan terus tidur! cape gua laper ngantuk” lukman ngomong sama udara, gada yang nyautin karna emang semuanya udah lelaah, udah di ujung banget, perut kosong, pegel-pegel, parah dah pokoknya.

Kenapa ga beli cemilan? karna asli dah, kaya mepet banget gitu waktunya, bayangin aja kita bener2 fix naek itu jam 10an, sampe sana jam 2an bangun jam 4an, kaya udah ga kepikiran apa2, karna yang paling penting waktu itu ya tenda. Dan udah ada mie kopi, kompor portebel, gas, udah cukup gitu, samasekali ga kebayang cemilan, gua sih bawa orea 2 bungkus, cuma kurang alrite aja gitu kalo makannya pas lelah gini. Presisi tetep nomor 1 lah ahahhaa.

Skip skip skip, nyampe Alhamdulillah jam 2an. Gua nyampe duluan sama lukman, karna bang indra bang ilham kecapean, jadi kita jalan duluan biar sampe sana langsung gelar tenda.
Nyampe kandang badak ternyata tim bocil udah kelar masang tenda. Sambil bercanda ngecengin si lukman “bang gaspol” ada aja emang bocil2 ini wkwkwk.
Di kandang badak udah mayan rame, sekitar ada 7 atau lebih tenda dan beberapa ada yang nongkrong dan ada yang baru turun dari puncak, dan beberapa tenda sementara buat masak.

Gua sama lukman akhirnya gelar tenda. Jir, tendanya gada pasaknya samasekali, udah jelek, kotor, dan beberapa tambelan solatip, ngehe tadi ga dicek dulu sih. Kita masang tenda deketan sama geng bocil, agak di atasnya gitu deh. Dan alhamdulillah nemu pasak2 ditinggal, yaudah akhirnya kita pake dah.

Ga lama bang dua i (ilham indra) sampe. Mukanya udah ga kaya orang, keliatan banget apalagi bang indra, itu bawa keril bang ilham kaya bawa batu hahaha.

Sebenernya bang ilham bawa tenda juga cuma yang ukuran buat 2 orang doang, dan akhirnya dia mutusin buat tidur bareng ditenda nyewa tadi.

Sholat dulu dah sebelom masak-masak, alhamdulillah ternyata di kandang badak ada mushola gitu, seinget gua dulu itu bukan mushola tapi bagusdeh skrg udah jadi mushola jadi enak buat sholat, dan dibawahnya da wc umum gitu (ga gratis).

Kelar sholat mayan kaget gua, ketemu tetangga di komplek gua, bang onge sama bang marley, gatau namanya siapa lupa. Doi berduaan doang, gabawa keril cuma tas biasa doang, eh ternyata katanya cuma tektok doang ga sampe puncak nanti sore turun lagi, leh uga dalem hati gua, gua mah gamau dah kaki patah yang ada hahahah.
Dan disitu gua ngerasa ga enak banget sumpah, karna apa? gua gabisa nawarin sekedar ngopi-ngopi atau makan, Ya Allah lu bayangin deh itu kita aja kopi ketinggalan, ada juga ngepas gitu buat kita doang, apalagi makanan. Ga enak bat asli gua waktu itu serba salah. Yaudah akhirnya engga nawarin, cuma kasih unjuk aja tenda kita disebelah sana.

Kiw sampe tenda, yang ditunggu tunggu dah, masaaaaak! Kita keluarin dah logistik ada apaan aja, total mie 8, nasi bungkus 6, telor 4 dan sosis, sisanya ya cemilan minim dan kopi, dan coklat se adanya.
Alhamdulillahnya untuk di kandang badak air melimpah, tinggal refill, tenang dah.

Skip skip skip, bikin mie 2 bungkus pake nasi bungkus juga 2, makan deh rame2, haduh indah bangeet dah makan di dalem tenda tuh, makan apa aja juga enak wkwkwkk.

Taraaaa, jam 4an, mendung dan langsung ujan rintik2. Dan parnoan gua mulai muncul dah disitu, Tendanya bocoooooor, atas bawah gile u bayangin, mana ujannya lumayan deres lagi, kaya haduuh kelar ini mah.
Lu bayangin aja ini tenda bocor sana sini, sampingnya udah ditutupin pake terpal, tetep aja masih bocor, eh ternyata alasnya juga bolong, gilaaa gilaaa, makan tai dah dalem hati gua, ini tidur gimanaaa dalem tenda banjir, udah disitu pikiran gua udah parno parah, ditambah lagi gua pernah baca cerita korban cewe yang meninggal disitu 😥
Maa pengen pulaaaangg:'( seketika gua kangen mama gua dan ada perasaan nyesel disitu karna gamau dengerin kata mama gua.

Akhirnya air yang tergenang di dalem kita bilas pake kaos gua, biarin dah yang penting airnya ilang. Ujannya udah lumayan ringan sih alhamdulillah jadi engga begitu banyak air yang masuk ga kaya tadi.
Terus alasnya kita pake deh matras, jadi lumayan dah buat sementara paling airnya lewat celah celah antara matras masuknya. Kita ber empat diem gitu tanpa suara, cuma mendengarkan suara hujan turun, kaya lagunya senar senja

“Tanpa kata, tanpa nada, rintik hujan pun menafsirkan kedamaian
Hanya rasa, hanya prasangka, yang terdengar di dalam dialog hujan”

Makin galau dah gua, mana waktu semenit didalem tenda ketika hujan bagaikan 1 jam, lama beneer pengen nangis gua, home sick paraaah 😦

Waktu itu sekitar jam 5an, gua dan 2 bang i sholat ashar, terus sambil nunggu maghrib kita di dalem mushola dulu, karna diliar masih gerimis. Dan u tau? keadaan di dalem mushola tuh kotor parah banget becek, karna ada pendaki lain yang banyak cewenya numpang masak di depannya, dan ke dalem area sholat make alas kaki 😦
Sedih sih, itu kan tempat sholat gitu, ya meskipun engga semuanya bagian dalem nya becek tapi tetep aja becek.

Kelar sholat maghrib, balik lagi ditenda, ternyata si lukman tidur dengan sleeping bag hangatnya. Dalem hati, aduh enak bener bisa tidur.
Masak-masak deh kita, mie lagi, tapi plus sosis sekarang.

Kelar makan, gua udah ngantuk parah, dan dalam hati gua bilang, gua harus bisa tidur nih, bahaya kalo ga tidur.
(fyi: emang gua kalo udah acara nginep2 gini selain ditenda dan nginep dirumah temen, pasti gua jadi yang terakhir melek, dari dulu)
Makanya gimana caranya waktu itu pokoknya gua harus tidur! Abis keinget  mama gua mulu, baru kali itu gua bener2 home sick parah, dan kangen mama bapa gua 😦

Sekitar jam 7an bang 2i keluar sholat isya, cuaca masih gerimis manja plus dingin kabut. Gua mager banget disitu, udah make jaket warepack tebel yang udah gua persiapin buat naek gunung, kaos kaki lapis 3 sarung tangan lapis 2 dan kupluk lapis 2.
Kenapa dilapis lapis? karena belajar dari pendakian sebelumnya yang gua kedinginan paraaaah, dan disitu pernah ada yang meninggal karena hipo, yaudah thats it.
Dan disitu gua pengen kencing, mayan sih, cuma udah mager banget buat keluar lagi bla bla bla, dan ga sholat isya akhirnya karena udah tidur, alhamdulillah si bisa tidur cepet (maaf ya Allah ga sholat:( )

Alhamdulillah udah pagi, bangun-bangun udah jam 4, alhamdulillah cuaca cerah  udah ga ujan, alhamdulillah ya Allah, bisa ngelewatin malem itu, tenang dah gua pagi ini, cuma pengen cepet2 balik dah, ketemu mamah, kangen parah.
sebelom gua bangun jam 4, gua inget jam 1an mungkin gua kebangun, 2 bang i lg ngapain tau dah kaya airnya ngerembes ke atas gitu mungkin, gua sempet ke bangun dah, bodoamat ahhh gua ngantuk guaaaa, tar yang ada udah bangun susah tidur lagi 😦 sorry hiks

Suasana di kandang badak jam 4 ternyata udah rame parah, karna mungkin pada mau muncak jam segini biar bisa ngeliat sunset diatas. Kita udah rundingan sih, kita ke puncaknya agak siangan lah jam 8an bareng bocil2.

Skip skip skip jam 7an kita sarapan pake telor mie dan sosis, menu termewah selama kita disana, terus ngerebus air buat di puncak nanti.

Next partnya besok lagi deh, panjang juga ternyata hahaha